Contoh proposal Pengajuan Pembangunan dan Perbaikan Sarana Olahraga Kampus
A. LATAR BELAKANG
Assalamualaikum wr.wb
Sebuah
sarana olahraga tentunya sangat
dibutuhkan dalam mendukung dan menampung bakat- bakat yang dimiliki setiap
orang, sehingga bisa diluapkan dan dikembangkan. Sebenarnya, yang kita ketahui bahwa hingga
akhir tahun 2014 ini kampus kita
Universitas Islam Negeri Sultan
Syarif Kasim Riau atau yang sering disebut juga UIN suska begitu minim dalam
penyediaan akses dan kebutuhan berupa tempat dan alat olahraga yang diberikan
kepada Mahasiswa.
Ditambah banyaknya sarana olahraga yang
sudah mulai tidak terawat dan rusak,
sehingga dari itu banyak Mahasiswa memiliki sebuah bakat dalam dunia olahraga
tidak bisa tersalurkan dan dikembangkan akibat tidak adanya tempat yang di
sediakan.
Yang kita ketahui, tercatat ada beberapa
sarana olahraga yang rusak, seperti:
1. Lapangan takraw beserta sebagian
perlengkapannya
2.
Lapangan basket beserta beberapa perlengkapannya
3.
Lapangan bola volley beserta beberapa perlengkapannya
Dan selain itu ada banyak lagi sarana yang
perlu dibangun diantaranya:
1. Lapangan futsal
2. Kolam berenang
3. Badminton
4. Atletik
B. Tujuan dan Manfaat
Kegiatan
Kampanye yang kami lakukan memiliki beberapa tujuan diantaranya :
1.
Mensosialisasikan
Kepada seluruh Mahasiswa Uin Suska Riau untuk tetap menciptakan budaya sehat di
dalam sector olahraga.
2.
Menjelaskan
kepada Mahasiswa Uin Suska riau untuk mengetahui tentang manfaat olahraga.
3.
Mengajak seluruh
Para mahasiswa/i Uin Suska Riau untuk
ikut serta dalam kegiatan kampanye ini, sehingga mereka yang bergabung mendapat
pelajaran dan juga penegetahuan, sehingga kedepannya Mahasiswa/I Uin Suska Riau
menjadi generasi muda yang sehat secara jasmani.
4.
Kegiatan yang
kami lakukan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada Mahasiswa Uin Suska
riau tentang pentingnya olahraga, dan menggapai prestasi dalam sector olahraga.
C. JENIS
KAMPANYE
Jenis kampanye
yang akan kami lakukan adalah kampanye Sosia, yang dimna Kampanye Sosial
atau Ideologically or cause oriented campaigns ini bertujuan untuk tujuan-
tujuan yang bersifat khusus dan seringkali berdimensi perubahan social.
D.
MODEL KAMPANYE
Model Kampanye yang kami
gunakan dalam proposal kampanye ini adalah :
Model Kampanye Laswell. Menurut kami Model
kampanye Laswell sangat tepat dan juga efesien untuk dilakukan didalam kegiatan
kampanye. Di dalam Model kampanye Laswell pesan atau informasi yang ingin
disampaikan kepada khlayak sasaran kampanye disampaikan melalui seorang
Komunikator, komunikator menyampaikan pesannya melalui media (Surat Kabar,
Media Televisi, Radio, Maupun Media Sosial ) kepada Audiens, kemudian audience
memberikan Feedback atau umpan balik kepada Komunikatornya.
E.
waktu dan tempat
Pelaksanaan kampanye ini akan dilaksanakan mulai dari tanggal 01
Januari 2015 s/d Selesai yang bertepatan dikampus UIN SUSKA Riau. Tidak hanya
itu kami juga menyampikan kampanye melalui berbagai media massa , seperti
membuat iklan di Koran, dan surat kabar, menyebarkan informasi melalui radio
dan televisi serta menyebarkan pesan kampanye melalui media social ( Facebook,
Twitter, Whats App, Instagram dan lain-lain )
F. Teori Kampanye
Teori kampanye yang kami
gunakan adalah teori Difusi Inovasi dan juga teori Perilaku Terencana. Menurut
teori Difusi Inovasi langkah pertama yang harus dilakukan adalah Tranmisi Pesan
Kampanye kepada khalayak melalui media dan komunikator selanjutnya validasi
pesan oleh orang yang di hormati khlayak, jadi adanya kolaborasi anatar media
massa, khalayak dan kontak antar pribadi agar pesa kampanye tersebut bisa di tindak
lanjuti secara benar dan baik.
G. Strategi
Disini kami
menggunakan strategi Perlibatan, yang dimana pesan kampanye yang
disampaikan harus bisa mempengaruhi
khalayak , strategi perlibatan harus
memiliki tingkat perlibatan yang tinggi karena strategi ini sangat bergantung
pada jenis khalayak yang terlibat. Contohnya masyarakat sekitar lingkungan atau
massa yang terlibat di dalamnya dalam menyuarakan suatu hak
G.
Media/ Saluran
Media yang digunakan dalam kampanye ini adalah
menggunakan:
1. Media cetak dan
2. Media Massa
H. Komunikan/ Audien/
Sasaran
* Komunikan didalam kampanye
ini adalah Mahasiswa, Dosen dan Beberapa Organisai yang terkait dalam dunia
olahraga.
* Audien nya semua pihak yang terkait Masih dalam lingkungan Kampus.
* Sasarannya ke pihak kampus (
Rektorat )
I. Anggaran
Anggaran belanja dalam
pembangunan dan perbaikan sarana olahraga dikampus sekitar kurang lebih 1,3 Milyar
Rupiah
Dibawah ini bentuk rincian anggaran
pembangunan dan perbaikan sarana kampus:
NO
|
DIbangun
|
Anggaran
|
Diperbaiki
|
Anggaran
|
Total
|
Ket
|
1
|
Lapangan futsal
|
Rp.200
juta
|
Sepak Takraw
|
Rp. 100 juta
|
Rp.300 juta
|
|
2
|
Kolam renang
|
Rp.300
juta
|
Bola Basket
|
Rp. 100 juta
|
Rp.400 juta
|
|
3
|
Badmintaon
|
Rp.375
juta
|
Bolla Volly
|
Rp. 50 juta
|
Rp.425 juta
|
|
4
|
Atletik
|
RP. 175
juta
|
|
|
Rp.175 juta
|
|
Total
|
|
|
|
Rp.1,3 M
|
|
J. Penutup
Demikianlah proposal yang kami paparkan dalam Pengajuan pembangunan
dan perbaikan sarana olahraga di kampus UIN SUSKA RIAU semoga apa yang kami
ajukan bisa di pertimbangkan dengan sebaik- baiknya, tentu nya masih banyak
kekurangan dan kelemahan nya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurang nya
rujukan atau referensi yang ada hubungan nya dengan pengajuan proposal kami,
atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Pekanbaru, 27 Desember 2014
Hormat Kami,
Mhd obby yusuf
Pengaju
|
Mhd ridho fh simanjuntak
Pengaju
|
1 komentar:
komentarwkwkwk
Reply